Selasa, 29 September 2015

Apa Yang Sebaiknya Anda Lakukan Setelah Bangun Tidur?


Selamat pagi Sahabat Sehat, semoga hari ini kita senantiasa diberikan kesehatan sehingga dapat melakukan aktifitas dengan lancar. Pada artikat kali ini saya akan membahas mengenai aktifitas yang mungkin baru beberapa dari kita yang sudah melaksanakannya secara rutin setiap hari setelah bangun tidur. Yups, Surprise!!! aktifitas tersebut adalah sikat gigi setelah bangun tidur (Whatt?! Biasa saja kali kak). Hehe,, Maaf terlalu semangat. Jadi sebenarnya apa hubungannya sikat gigi setelah bangun tidur dengan kesehatan?? Yups, mari kita bahas. ')" href=" " >Manfaat dan Cara Membuat 2 Link Terbuka Dengan Satu Klik

Mengutip dari sebuah artiket di health.detik.com, Dalam media briefing 'Sensodyne Expert Sharing' di Aula Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Senin (20/9/2010), drg Robert Lessang, Sp.Perio mencontohkan salah satu kebiasaan menggosok gigi yang tidak tepat.
Menurutnya, kebiasaan menggosok gigi lebih tepat untuk dilakukan saat bangun tidur daripada sesudah sarapan pagi. Tujuannya memang bukan untuk membersihkan sisa makanan melainkan mencegah terbentuknya plak atau karang gigi.
"Sesudah sarapan pagi, pH di mulut turun sehingga risiko terjadinya abrasi atau pengikisan di gigi lebih tinggi. Sebaiknya jangan langsung menyikat gigi setelah makan, beri waktu setidaknya 25 menit," ungkap drg Robert.
Abrasi atau pengikisan gigi menyebabkan lapisan terluar gigi yakni enamel menipis, sehingga lapisan di bawahnya yakni dentin menjadi terbuka. Lapisan dentin ini langsung terhubung dengan syaraf sehingga sangat sensitif jika tidak terlindungi.
Sebagai seorang muslim, saya juga pernah membaca bahwa salah satu kebiasaan Rasulullah SAW adalah melakukan siwak (gosok gigi) setelah bangun tidur. Mengutip dari wikipedia, Siwak atau miswak adalah dahan atau akar dari pohon Salvadora persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut.
Baiklah, sampai disini dulu pembahasan kita. Yuk, kita bisakan komentar positif dan membangun. Salam Sehat!!!

0 komentar :

Posting Komentar